chatting di terminal linux

on Minggu, 27 April 2014

chatting di terminal linux


Benarkah kita bisa melakukan chat via CLI?
Jawabannya yaitu kenapa tidak kalau kita memakai Linux!  .Dengan menggunakan Linux kita dapat berbuat banyak hal di terminalnya. Mulai  dari browsing, remote PC, nyetel mp3/film bahkan chatting pun bisa dilakukan di terminal. Sungguh Linux khususnya Ubuntu memang tempatnya preman terminal beneran deh  .
Sedikit penjelasan Finch adalah frontend dari libpurple yang berbasis pada console untuk pesan instant. Aplikasi finch ini juga mendukung akun Yahoo!, AIM, XMPP, ICQ, IRC, SILC, Novell GroupWise, Lotus Sametime, Zephyr, Gadu-Gadu &  QQ sekaligus. Sepintas setelah saya mencoba aplikasi ini memang mempunyai sensasi berbeda saat chatting serta terlihat sebagai CLInya Pidgin. Dengan bentuk serba teks memang sulit pada awalnya tetapi bila terbiasa barulah kenikmatan dapat kita rasakan.

untuk menggunakan aplikasi ini kita perlu meng-install paket finch
  1. seperti biasa buka terminal dan ketikan :
    sudo apt-get install finch
    tunggu sampai proses instalasi selesai...
  2. Untuk menjalankan aplikasi ini ketikan aje di terminal
    finch



    maka akan tampil gambar seperti dibawah?

  3. Untuk informasi menggunakan finch silahkan ketikan di terminal
    man finch silahkan baca shortcut yang menurut teman - teman sangat berguna. karena di aplikasi ini tidak menggunakan mouse melainkan menggunakan fungsi keyboard.
  4. masalah yang di hadapi ketika menggunakan finch yaitu bagaimana chating di facebook menggunakan aplikasi ini. oke buat teman - teman silahkan baca dulu  di sini setelah selesai membaca konsep sama saja untuk menambahkan teman chat di finch maupun pidgin
  5. buat teman - teman yang sudah menggunakan pidgin biasanya teman chat dari masing account sudah langsung ada di finch tapi jika belum tampil mau tidak mau harus secara mengulang kembali seperti meng-add teman chat di pidgin.
semoga bermanfaat jika ada pertanyaan tinggalkan komentar?

0 komentar:

Posting Komentar